Sukses Ternak Sapi Potong

Apa kabar sahabat? Daging sapi merupakan salah satu primadona bahan makanan di Indonesia. Selain itu sapi potong juga banyak dicari pada hari-hari besar seperti idul fitri dan idul adha. Oleh kerena itu ternak sapi potong bisa dibilang cukup menjanjikan. Berikut akan kami berikan tips untuk beternak sapi potong.

Langkah Beternak Sapi Potong
  • Pemilihan bibit
Untuk mengetahui bibit sapi yang baik untuk beternak sapi potong dapat dilihat dari beberapa ciri sebagai berikut :
  1. Memiliki mata yang cerah dan bersih.
  2. Tidak mengeluarka lendir dari hidungnya.
  3. Tidak terdapat cacat pada tubuhnya.
  4. Memiliki nafsu makan yang tingi.
  • Kandang sapi potong
Untuk beternak sapi terutama sapi potong kita membutuhkan kandang yang cukup luas dimana nantinya di kandang tersebut seluruh sapi akan ditempatkan dan mungkin hanya dibatasi oleh sekat dari kayu maupun bambu. Yang terpenting dalam kandang sapi adalah adanya atap penutup kandang yang berfungsi menahan sinar matahari di siang hari. Ketersediaan tempat pakan juga harus diperhatikan karena sapi potong membutuhkan pakan yang cukup banyak jadi kita harus membuat tempat makan senyaman mungkin untuk dijangkau oleh sapi. Kebersihan kadang harus dijaga setiap hari agar kandang bersih dan bebas dari kotoran yang dapat menimbulkan bakteri penyebab penyakit pada sapi.
  • Pakan sapi potong
Pakan untuk sapi potong harus diperhatikan kualitasnya karena pakan sapi merupakanhal terpenting dalam usaha peternakan sapi potong. Berikut akan kami berikan beberapa pakan yang biasa digunakan sebagai pakan sapi potong.
  1. Rumput gajah
  2. rumput benggala
  3. rumput raja
  4. jerami
  5. konsentrat
  6. limbah sayuran
Demikianlah sedikit informasi mengenai cara beternak sapi potong, semoga dapat menjadi panduan dan inspirasi 

Dari Berbagai Sumber

Baca Juga :Jenis-jenis Sapi   -  Harga Sapi Qurban